Skip to main content

Contoh RPP Biologi untuk SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA N 1 Godean
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester           : XII / I
Alokasi Waktu            : 2 X 2 X 45 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar (KD)
1.      Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya
2.      Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas
3.      Menpengertiankan sifat dan fungsi enzim dalam proses metabolisme
4.      Melakukan observasi untuk mengidentifikasi objek, permasalahan, produk dan profesi berbasis biologi dan menyajikan data hasil observasinya dalam bentuk tabel

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Siswa mampu menpengertiankan pengertian enzim
2.      Siswa mampu menpengertiankan pengertian metabolisme
3.      Siswa mampu menyebutkan contoh proses metabolisme
4.      Siswa mampu menyebutkan sifat enzim
5.      Siswa mampu menjelaskan fungsi enzim
6.      Siswa mampu menyebutkan contoh enzim yang berperan dalam proses metabolisme

D.    Materi Pembelajaran
1.      Pengertian dan contoh metabolisme pada hewan dan tumbuhan
Metabolisme adalah sifat emergen kehidupan yang muncul dari interaksi antara molekul-molekul dalam lingkungan sel yang teratur. Metabolisme berasal dari bahasa Yunani, metabole, yang berarti berubah (Campbell et al, 2008).
Contoh metabolisme pada hewan adalah pencernaan dan pernapasan. Contoh metabolisme pada tumbuhan adalah fotosintesis dan respirasi.
2.      Pengertian dan contoh enzim
Enzim merupakan senyawa protein yang dapat mengkatalisis seluruh reaksi kimia dalam sistem biologis. Semua enzim murni yang telah diamati sampai saat ini adalah protein. Aktivitas katalitiknya bergantung kepada integritas strukturnya sebagai protein (Lehninger, 1995).
Contoh enzim seperti amilase, lipase, rubisco dan sebagainya.
3.      Sifat dan fungsi enzim
Sifat enzim adalah rusak pada suhu tinggi dan inaktif pada suhu rendah, dapat bekerja secara maksimal pada pH tertentu, terlibat dalam proses metabolisme, dan mempunyai fungsi sebagai katalisator dan mempercepat proses reaksi metabolisme.
4.      Enzim-enzim dalam metabolisme pada hewan dan tumbuhan
Contoh enzim pada hewan adalah amilase dan lipase sedangkan contoh enzim pada tumbuhan adalah enzim rubisco.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama (2X45 menit)
a.       Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
·         Guru memimpin do’a, menanyakan kabar siswa, dan melakukan presensi
·         Guru menyampaikan materi awalan mengenai pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi enzim
·         Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk memperdalam materi dengan membaca buku teks (buku pendamping) dengan berkelompok bersama teman-temannya.
·         Guru membagikan lembar penilaian antar-teman kepada masing-masing siswa dalam kelompok kecil

b.      Kegiatan Inti (60 menit)
·         Mengamati
Siswa membaca materi mengenai pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi enzim pada buku teks dalam kelompok kecil.
·         Menanya
Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru mengenai hal-hal atau istilah yang belum jelas pada buku teks.
Siswa berdiskusi dengan temannya dalam kelompok kecil mengenai pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi enzim yang terdapat pada buku teks.
·         Mengumpulkan informasi
Siswa mencari informasi mengenai pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi enzim melalui referensi selain buku teks, semisal melalu internet.
·         Menalar
Siswa menghubungkan materi mengenai pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi enzim yang ada pada buku teks, internet, dan hasil diskusi.
·         Mengomunikasikan
Siswa membuat bagan mengenai pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi enzim.

c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Guru bersama siswa membuat kesimpulan mengenai pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi enzim
·         Guru mengumpulkan bagan yang sudah dibuat oleh siswa
·         Guru mengumpulkan lembar penilaian antar-teman
·         Guru memimpin do’a penutupan

2.      Pertemuan Kedua (2X45 menit)
a.       Kegiatan Pendahuluan (12 menit)
·         Guru memimpin do’a, menanyakan kabar siswa, dan melakukan presensi
·         Guru bersama siswa melakukan review mengenai deskrisipsi metabolisme serta sifat dan fungsi enzim
·         Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk mengatur tempat duduk dan menutup buku teks atau catatan
·         Guru membagikan lembar soal dan lembar jawaban kepada siswa

b.      Kegiatan Inti (75 menit)
·         Siswa mengerjakan soal yang telah diberikan pada lembar jawaban
·         Guru mengawasi kelas, mencegah terjadinya kecurangan dalam mengerjakan soal
·         Guru memberikan instruksi kepada siswa saat waktu pengerjaan (50 menit) sudah habis
·         Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk mengangkat lembar jawaban kemudian mengoper kepada teman samping kanannya hingga 5 kali hitungan
·         Guru bersama siswa mengoreksi jawaban atas soal yang diberikan
·         Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk mengumpulkan lembar soal dan lembar jawaban dimeja guru.

c.       Kegiatan Penutup (3 menit)
·         Guru memimpin do’a penutupan

5.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Teknik Penilaian
a.       Teknik Praktik
Penilaian didasarkan pada keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas seperti mengajukan pertanyaan kepada guru dan aktif dalam diskusi dengan teman-temannya.
b.      Teknik Tertulis
Penilaian didasarkan pada hasil siswa mengerjakan soal-soal pada pertemuan kedua.

2.      Instrumen Penilaian
a.       Lembar penilaian antar-teman (Pertemuan pertama)
No
Nama Teman
Aspek yang dinilai
Keaktifan dalam menjawab pertanyaan saat berdiskusi
Ketenangan (tidak gaduh) didalam kelompok
Keaktifan mengajukan pertanyaan dalam berdiskusi
1




2




3




4




5




*Keterangan
- Setiap aspek dinilai dalam huruf A, B, C, atau D
- Keterangan huruf
o   A = Jika sangat aktif dan sangat tidak gaduh dalam kelompok
o   B = Jika pernah menjawab pertanyaan (menyampaikan opini) dan mengajukan pertanyaan lebih dari dua kali dan tidak gaduh dalam kelompok
o   C = Jika pernah menjawab pertanyaan (menyampaikan opini) dan mengajukan pertanyaan hanya satu kali serta melakukan gaduh namun hanya sekali
o   D = Jika tidak pernah menyampaikan opini, tidak mengajukan pertanyaan, dan sering berbuat gaduh dalam kelompok

b.      Contoh soal (Pertemuan kedua)
No.
Soal
1.
Jelaskan pengertian dari metabolisme ?
2.
Jelaskan pengertian dari enzim ?
3.
Sebutkan dan jelaskan sifat dan fungsi enzim !
4.
Sebutkan contoh metabolisme dalam hewan dan tumbuhan beserta enzim yang terlibat dalam proses didalamnya !
*Keterangan
-          Setiap soal mempunyai skor antara 0-25
-          Konversi point/skor total
o   85 – 100 = A
o   56 – 84 = B
o   26 – 55 = C
o   0 – 25 = D

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Bagi siswa yang mendapatkan nilai D maka wajib menemui guru pengampu pada saat sepulang sekolah pada pertemuan kedua untuk melakukan review ulang materi dan mengerjakan soal. Sedangkan siswa yang sudah mendapat nilai A, B, dan C mencari dan membaca jurnal mengenai penelitian terhadap enzim pada hewan dan tumbuhan.

6.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Media/alat
Slide power point, LCD dan proyektor
2.      Bahan
Materi mengenai pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi enzim
3.      Sumber Belajar
Buku teks ( Biologi untuk kelas XII), artikel, dan website dalam internet




Sleman, 22 Mei 2015
Guru Pengampu,


Rahmadiyono Widodo

NIP. 13304241063

Comments

Popular posts from this blog

Dia yang Teguh, Dia yang Tumbuh

Pappermint from Abu Nabat Afrizal Haris, dok pribadi. Pekan lalu sembari menikmati sore di sekolahan, mencoba berselancar di dunia maya mencari sesuatu yang barangkali dapat menambah semangat saya. Pencarian membawa saya pada channel YouTube Al Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri hafidzahullah.  Saya pribadi sebenarnya sangat jarang mengikuti kajian beliau secara daring, hanya beberapa kali melihat postingannya Irfan (teman di kampus) yang isinya ceramah singkat beliau.   Melihat beberapa judul video pendek yang menarik, saya unduh beberapa di antaranya, lalu pulang. Haworthria -sejenis kaktus- menjadi teman saya mendengarkan untaian petuah beliau, hingga pada ucapan yang beliau nukil dari Syaikh Ushaimi hafidzahullah : Man tsabata nabata, jika  diterjemahkan kurang lebih artinya “Barangsiapa yang kokoh, dia akan tumbuh”. Ustadz Nuzul Dzikri menyampaikan kalimat tersebut sebagai pesan agar kita konsisten dalam mengikuti kajian. Jika sudah mengikuti satu kaji...

Berharap Takdir Terbaik

  Bismillah . Telah lama jari ini tidak menuliskan cerita, gagasan, atau sekadar catatan di blog ini. Jika diibaratkan rumah, mungkin blog ini sudah penuh dengan debu lengkap dengan jaring laba-laba di setiap sudutnya. Saatnya bersih-bersih? Belum sepertinya, haha . Seperti halnya menengok rumah yang telah lama ditinggalkan, pun dengan tulisan ini diutarakan. Hanya sebatas menengok. Menengok dengan harapan tak ada yang hilang, terutama semangat untuk selalu berjuang.  Kuawali kehadiran ini dengan menuliskan sebuah doa yang terlintas di benakku setelah memikirkan apa-apa yang terjadi di sini di dua tahun ini. Bahwa apa yang terjadi adalah takdir terbaik dari Allah. Bahwa Allah Mahabaik dan Maha Mengetahui yang terbaik.  اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنَ الخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ...

Sinergi Melestarikan Lingkungan; dari Tata Ruang hingga Mahasiswa yang Membanggakan.

Siang itu cukup terik ketika saya bersepeda di sekitar kota Yogyakarta. Suhu udara terasa panas hingga peluh keringat mulai membasahi punggung saya. Namun, semua berubah ketika saya melewati jalan yang penuh dengan pepohonan di samping kanan kirinya. Naungan pohon ketapang, mahoni, dan jenis lainnya menjadikan suasana begitu teduh dan sejuk. Saya mengayuh sepeda lebih pelan untuk menikmati oase di tengah panasnya perkotaan. Apa yang saya rasakan kembali mengingatkan tentang bagaimana lingkungan yang lestari memberikan manfaat kepada kita, para manusia.  Mengenal Lingkungan Lingkungan yang selama ini kita kenal sejatinya adalah kumpulan dari macam-macam makhluk hidup yang saling berinteraksi, termasuk dengan unsur lain seperti sinar matahari, air, dan semisalnya. Interaksi yang terbentuk menghasilkan banyak manfaat. Misalnya pepohonan yang menyerap air dan energi dari sinar matahari dapat tumbuh hingga besar lalu manusia memanfaatkan buahnya untuk dimakan hingga kayunya untuk baha...