RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA N 1 Godean
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XII
/ I
Alokasi Waktu : 2 X
2 X 45 menit
A. Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami ,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.
Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan
Biologi menurut agama yang dianutnya
2.
Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas
maupun di luar kelas
3.
Menpengertiankan sifat dan fungsi enzim dalam proses
metabolisme
4.
Melakukan observasi untuk mengidentifikasi objek,
permasalahan, produk dan profesi berbasis biologi dan menyajikan data hasil
observasinya dalam bentuk tabel
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Siswa mampu menpengertiankan pengertian enzim
2.
Siswa mampu menpengertiankan pengertian metabolisme
3.
Siswa mampu menyebutkan contoh proses metabolisme
4.
Siswa mampu menyebutkan sifat enzim
5.
Siswa mampu menjelaskan fungsi enzim
6.
Siswa mampu menyebutkan contoh enzim yang berperan
dalam proses metabolisme
D.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian dan contoh metabolisme
pada hewan dan tumbuhan
Metabolisme
adalah sifat emergen kehidupan yang muncul dari interaksi antara
molekul-molekul dalam lingkungan sel yang teratur. Metabolisme berasal dari
bahasa Yunani, metabole, yang berarti berubah (Campbell et al, 2008).
Contoh
metabolisme pada hewan adalah pencernaan dan pernapasan. Contoh metabolisme
pada tumbuhan adalah fotosintesis dan respirasi.
2.
Pengertian dan contoh enzim
Enzim merupakan senyawa protein
yang dapat mengkatalisis seluruh reaksi kimia dalam sistem biologis. Semua
enzim murni yang telah diamati sampai saat ini adalah protein. Aktivitas
katalitiknya bergantung kepada integritas strukturnya sebagai protein (Lehninger,
1995).
Contoh enzim seperti amilase,
lipase, rubisco dan sebagainya.
3.
Sifat dan fungsi enzim
Sifat enzim
adalah rusak pada suhu tinggi dan inaktif pada suhu rendah, dapat bekerja
secara maksimal pada pH tertentu, terlibat dalam proses metabolisme, dan
mempunyai fungsi sebagai katalisator dan mempercepat proses reaksi metabolisme.
4.
Enzim-enzim dalam metabolisme pada
hewan dan tumbuhan
Contoh enzim
pada hewan adalah amilase dan lipase sedangkan contoh enzim pada tumbuhan
adalah enzim rubisco.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama (2X45 menit)
a.
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
·
Guru memimpin do’a, menanyakan kabar
siswa, dan melakukan presensi
·
Guru menyampaikan materi awalan
mengenai pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi enzim
·
Guru memberikan instruksi kepada
siswa untuk memperdalam materi dengan membaca buku teks (buku pendamping)
dengan berkelompok bersama teman-temannya.
·
Guru membagikan lembar penilaian
antar-teman kepada masing-masing siswa dalam kelompok kecil
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
·
Mengamati
Siswa membaca
materi mengenai pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi enzim pada buku
teks dalam kelompok kecil.
·
Menanya
Siswa
mengajukan pertanyaan kepada guru mengenai hal-hal atau istilah yang belum
jelas pada buku teks.
Siswa
berdiskusi dengan temannya dalam kelompok kecil mengenai pengertian metabolisme
serta sifat dan fungsi enzim yang terdapat pada buku teks.
·
Mengumpulkan informasi
Siswa mencari
informasi mengenai pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi enzim melalui
referensi selain buku teks, semisal melalu internet.
·
Menalar
Siswa
menghubungkan materi mengenai pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi
enzim yang ada pada buku teks, internet, dan hasil diskusi.
·
Mengomunikasikan
Siswa membuat
bagan mengenai pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi enzim.
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Guru bersama siswa membuat
kesimpulan mengenai pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi enzim
·
Guru mengumpulkan bagan yang sudah
dibuat oleh siswa
·
Guru mengumpulkan lembar penilaian
antar-teman
·
Guru memimpin do’a penutupan
2.
Pertemuan Kedua (2X45 menit)
a.
Kegiatan Pendahuluan (12 menit)
·
Guru memimpin do’a, menanyakan kabar
siswa, dan melakukan presensi
·
Guru bersama siswa melakukan review
mengenai deskrisipsi metabolisme serta sifat dan fungsi enzim
·
Guru memberikan instruksi kepada
siswa untuk mengatur tempat duduk dan menutup buku teks atau catatan
·
Guru membagikan lembar soal dan
lembar jawaban kepada siswa
b.
Kegiatan Inti (75 menit)
·
Siswa mengerjakan soal yang telah
diberikan pada lembar jawaban
·
Guru mengawasi kelas, mencegah
terjadinya kecurangan dalam mengerjakan soal
·
Guru memberikan instruksi kepada
siswa saat waktu pengerjaan (50 menit) sudah habis
·
Guru memberikan instruksi kepada
siswa untuk mengangkat lembar jawaban kemudian mengoper kepada teman samping
kanannya hingga 5 kali hitungan
·
Guru bersama siswa mengoreksi
jawaban atas soal yang diberikan
·
Guru memberikan instruksi kepada
siswa untuk mengumpulkan lembar soal dan lembar jawaban dimeja guru.
c.
Kegiatan Penutup (3 menit)
·
Guru memimpin do’a penutupan
5.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Teknik Praktik
Penilaian didasarkan
pada keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas seperti
mengajukan pertanyaan kepada guru dan aktif dalam diskusi dengan
teman-temannya.
b.
Teknik Tertulis
Penilaian didasarkan
pada hasil siswa mengerjakan soal-soal pada pertemuan kedua.
2.
Instrumen Penilaian
a.
Lembar penilaian antar-teman (Pertemuan pertama)
No
|
Nama Teman
|
Aspek yang
dinilai
|
||
Keaktifan
dalam menjawab pertanyaan saat berdiskusi
|
Ketenangan
(tidak gaduh) didalam kelompok
|
Keaktifan
mengajukan pertanyaan dalam berdiskusi
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
*Keterangan
-
Setiap aspek dinilai dalam huruf A, B, C, atau D
-
Keterangan huruf
o
A = Jika sangat aktif dan sangat
tidak gaduh dalam kelompok
o
B = Jika pernah menjawab pertanyaan
(menyampaikan opini) dan mengajukan pertanyaan lebih dari dua kali dan tidak
gaduh dalam kelompok
o
C = Jika pernah menjawab pertanyaan
(menyampaikan opini) dan mengajukan pertanyaan hanya satu kali serta melakukan
gaduh namun hanya sekali
o
D = Jika tidak pernah menyampaikan
opini, tidak mengajukan pertanyaan, dan sering berbuat gaduh dalam kelompok
b.
Contoh soal (Pertemuan kedua)
No.
|
Soal
|
1.
|
Jelaskan
pengertian dari metabolisme ?
|
2.
|
Jelaskan
pengertian dari enzim ?
|
3.
|
Sebutkan dan
jelaskan sifat dan fungsi enzim !
|
4.
|
Sebutkan
contoh metabolisme dalam hewan dan tumbuhan beserta enzim yang terlibat dalam
proses didalamnya !
|
*Keterangan
-
Setiap soal mempunyai skor antara
0-25
-
Konversi point/skor total
o
85 – 100 = A
o
56 – 84 = B
o
26 – 55 = C
o
0 – 25 = D
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Bagi siswa yang
mendapatkan nilai D maka wajib menemui guru pengampu pada saat sepulang sekolah
pada pertemuan kedua untuk melakukan review ulang materi dan mengerjakan soal.
Sedangkan siswa yang sudah mendapat nilai A, B, dan C mencari dan membaca
jurnal mengenai penelitian terhadap enzim pada hewan dan tumbuhan.
6.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat
Slide power
point, LCD dan proyektor
2.
Bahan
Materi mengenai
pengertian metabolisme serta sifat dan fungsi enzim
3.
Sumber Belajar
Buku teks ( Biologi untuk kelas
XII), artikel, dan website dalam internet
Sleman, 22
Mei 2015
Guru
Pengampu,
Rahmadiyono
Widodo
NIP.
13304241063
Comments
Post a Comment