Skip to main content

Rizky dan Kartu Alfabetnya

dok pribadi


Perpustakaan tiba-tiba menjadi tambah ramai. Seorang guru rupanya datang bersama empat siswa sekolah dasarnya. Semuanya kelas I. Saya pun bertanya pada beliau, apakah ini jam kunjungan perpustakaan? Bukan ternyata. Kali ini beliau memberi jam pelajaran khusus untuk siswa yang belum bisa membaca tepatnya. Mereka bersiap-siap memulai kegiatan, membuka buku bergaris, dan menyiapkan beberapa alat tulis. Dan saya, melanjutkan membaca. 

Konsentrasi saya mulai terpecah diikuti sedikit senyuman karena melihat tingkahnya Rizky, salah satu siswa kelas I ini. Bukan tanpa sebab, karena Rizky ini tengah bersemangat mengeja huruf yang ada pada kartu alfabetnya, tapi yang ia eja bukanlah ejaan yang benar. Dari seluruh alfabet, sebenarnya Rizky sudah hafal banyak huruf. Hanya huruf W, V, D, J, G, E, F, dan Q. Yang paling berat adalah huruf E, jika ditunjukkan kartu "E", Rizky sering menyebutnya H. Huruf W sering tertukar dengan M, mungkin karena hanya "kebalikannya".

Sang guru ini tak terlihat mengeluh mengajari Rizky, padahal disaat yang sama juga harus memantau teman-teman Rizky menulis huruf alfabet. "Mas Rizky, ini huruf apa?" pertanyaan yang selalu dilontarkan. Saat jawaban Rizky benar, akan diberikan apresiasi berupa kata: good job, pintar, dan lainnya. Dan Rizky? Tentu dia langsung senyum saat diberikan apresiasi itu dan tambah semangat dalam menghafalkan huruf.

Waktu tak terasa sudah masuk jam pelajaran selanjutnya, guru SD lainnya pun datang ke perpustakaan untuk memanggil siswa kembali. Saat semua siswa sudah keluar, gurunya Rizky masih tinggal ditempat dan sedikit bercerita kepada pustakawan dan saya jika sebenarnya Rizky ini kalau dipelajaran agama dan hafalan (Qurannya) bagus. Pustakawan pun juga menuturkan kalau Rizky sering ke perpustakaan untuk melihat-lihat buku, tepatnya yang banyak gambarnya. Well, dari sini terlihat sekali jika tiap anak itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam belajarnya. Meski masih belum lancar dalam menghafal huruf alfabet, ternyata Rikzy mempunyai kelebihan dalam hafalan.

Sebelum pulang, pustakawan sekolah berkata kepada gurunya Rizky kalau memang harus tahan (sabar) dalam mengajari siswa seperti Rizky. Dan, jawaban gurunya Rizky membuat saya teringat guru-guru SD saya; "Iya, terkadang memang lelah, tapi saat melihat mereka akhirnya bisa membaca itu betul-betul menjadi kebahagiaan".

Coba ingat-ingat jasa guru-guru SD dan TK kita dulu. Seringkali orang-orang yang telah menjadi "orang" berkata; "Beruntung sekali saya ketika kuliah mendapat dosen ini, Pak Prof ini, Bu Doktor ini" dan seterusnya. Seakan-akan kesuksesan yang sekarang ini didapatkan hanya dari jenjang kuliah. Padahal, guru-guru SD (dan TK) menjadi sosok yang sangat penting bagi kita sebenarnya, beliau-beliaulah yang turut serta meletakkan pondasi membaca, berhitung, berempati, dan lainnya. Oya, saya jadi teringat pula ucapannya Mbah Moen rahimahullah yang intinya beruntung sekali para orang tua yang mengajari anak-anaknya menghafal surat Al Fatihah, karena akan selalu dia gunakan minimal saat sholat. Dan berarti beruntung sekali para guru yang mengajari siswa-siswanya membaca, menulis, berhitung, karena tentu akan digunakan selalu oleh anak didiknya sampai jenjang pendidikan tertinggi, bahkan hayat menutup.






03 Muharram 1441/ 03-09-19
Sembari menemani senja di lantai 3,


Rahmadiyono


Comments

Popular posts from this blog

Jantan Betina yang Terlihat Sama

Burung secara umum memiliki morfologik yang berbeda antara jantan dengan betina. Pengamat burung sering menyebut “yang jantan itu lebih cantik”, hehe. Argumen tersebut muncul bukan karena sebab, karena secara umum burung jantan memang mempunyai bulu yang lebih berwarna-warni, lebih menarik intinya. Salah satu fungsi dari bulu yang lebih berwarna pada jantan adalah untuk menarik perhatian betina ketika memasuki masa breeding atau berkembang biak. Istilah perbedaan morfologik tersebut disebut dimorfisme (“di” menunjukkan dua, morf: morfologik/bentuk luar). Akan tetapi, terdapat pula jenis-jenis burung yang mempunyai morfologik yang mirip antara jantan dan betina atau akrab disebut monomorfisme. Jenis burung yang masuk dalam kelompok monomorfisme membuat pengamat burung kesulitan untuk mengidentifikasi mana jantan dan mana betinanya. Burung pijantung kecil. Foto oleh Radhitya Anjar. Kiri betina, kanan jantan. Saat kita mengamati burung monomorfisme dengan cara biasa (hanya

Dia yang Teguh, Dia yang Tumbuh

Pappermint from Abu Nabat Afrizal Haris, dok pribadi. Pekan lalu sembari menikmati sore di sekolahan, mencoba berselancar di dunia maya mencari sesuatu yang barangkali dapat menambah semangat saya. Pencarian membawa saya pada channel YouTube Al Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri hafidzahullah.  Saya pribadi sebenarnya sangat jarang mengikuti kajian beliau secara daring, hanya beberapa kali melihat postingannya Irfan (teman di kampus) yang isinya ceramah singkat beliau.   Melihat beberapa judul video pendek yang menarik, saya unduh beberapa di antaranya, lalu pulang. Haworthria -sejenis kaktus- menjadi teman saya mendengarkan untaian petuah beliau, hingga pada ucapan yang beliau nukil dari Syaikh Ushaimi hafidzahullah : Man tsabata nabata, jika  diterjemahkan kurang lebih artinya “Barangsiapa yang kokoh, dia akan tumbuh”. Ustadz Nuzul Dzikri menyampaikan kalimat tersebut sebagai pesan agar kita konsisten dalam mengikuti kajian. Jika sudah mengikuti satu kajian (tentu saja

BTW#2 "Takur tulung-tumpuk / Black-banded Barbet / Psilopogon javensis"

Bismillahirrahmaanirrahiim Foto oleh Swiss Winnasis di TNGM  Takur tulung-tumpuk mempunyai ukuran agak besar (26 cm), berwarna-warni. Bulu dewasa biasanya hijau polos. Mahkota kuning dan bintik kuning di bawah mata, tenggorokan merah. Ada bercak merah pada sisi dada dan kerah lebar hitam melewati dada atas dan sisi kepala sampai mata. Setrip hitam yang kedua melewati mata.  Iris coklat, paruh hitam, kaki hijau-zaitun suram (MacKinnon, 2010). Takur tulung-tumpuk merupakan burung genus Megalaima dari famili Capitonidae (Horsfield, 1821), tetapi didalam website IUCN RedList 2015 del Hoyo dan Collar (2014) memasukkan takur tulung-tumpuk kedalam genus Psilopogon sehingga nama ilmiahnya menjadi Psilopogon javensis. Perjumpaan pertama saya dengan takur tulung-tumpuk terjadi pada tanggal 22 Maret 2014 di Plawangan, Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Hingga saat ini, saya tidak pernah berjumpa lagi melainkan hanya mendengar suaranya. Suara takur tulung-tumpuk sangat khas dan muda