Skip to main content

Ketika Masalah pun Terurai

Masjid Kampus UGM, 23 Februari 2020
(note: bukan tulisan saya)

بسم الله الرحمن الرحيم

Nikmat iman, nikmat Islam, nikmat taufik adalah nikmat-nikmat yang harus kita syukuri. Kemudian kita berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, ilmu yang hanya menjadi goresan-goresan pena. Namun, tidak diejawantahkan dalam kehidupan.

Dalam kehidupan, memiliki suatu masalah adalah hal yang positif (normal). Para nabi juga memiliki masalah (cobaan), bahkan termasuk yang paling berat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اشر الناس بلاء الأنبياء ثم الصالحين ثم انفل ثم انفل

“Manusia yang paling berat cobaannya adalah para nabi, kemudian orang-orang sholih, kemudian selanjutnya, kemudian setelahnya”.

Semakin sholih seseorang, maka dia akan semakin dicoba.

Dunia ini penuh dengan masalah. Kecilnya masalah tidak menentukan kebahagiaan kita. Apa buktinya? Buktinya adalah manusia yang paling bahagia adalah para Rasul, tetapi pada saat yang sama para rasul adalah orang yang paking banyak dan berat cobaannya.

Seseorang yang memiliki masalah walaupun satu saja, akan menjadi gagal atau sengsara tatkala tidak mempunyai ilmu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Poinnya adalah kebahagiaan atau kesengsaraan ketika menghadapi ujian bukan tentang beratnya ujian tetapi ilmu yang dimiliki. Seberapa pun beratnya ujian, ketika seseorang memiliki ilmu untuk menghadapinya maka kondisi hati pun akan tenang dan bahagia. Sebaliknya, semudah apapun ujiannya jika tidak mempunyai ilmunya maka seseorang akan merasa sengsara. Salah satu dalil yang menunjukkan ilmu menjadi modal untuk menghadapi masalah adalah:

و كيف تصبر على ما لم تحط به خبرًا 

"Bagaimana engkau bisa bersabar sedangkan engkau tidak mengetahui?" (Surat Al Kahfi: 68).

Analogi sederhana untuk memahami ini adalah ketika kita menjalani ujian di sekolah, misalnya ujian mata pelajaran fisika. Saat ujian fisika, siapa yang tahu jawabannya? Tentu guru fisikanya (pembuat soal ujian).

Maka, renungkanlah! Siapa yang menciptakan ujian-ujian untuk kita? Siapa yang menciptakan ujian rumah tanggamu? Siapa yan menciptakan ujian kehidupan Anda? Simak firman Allah dalam Surat Al Mulk ayat 14;

ألا يعلم من خلق و هو اللطف الخبير 

Allah-lah yang lebih mengetahui tentang ciptaanNya.
Allah yang paling tahu tentang ujian yang diberikan kepada antum.
Allah yang menciptakan masalah-masalah untuk menguji antum.
Karena Allah yang menciptakannya (masalah), maka Dia juga-lah yang paling mengetahui jawabannya.

Hal yang kadang manusia lupakan bahwa ketika dia telah berhasil dalam suatu bidang, dia merasa bisa menguasai semua bidang. Padahal ujian-ujian kehidupan terus berjalan, ujian terus bergulir, karena apa yang kita pelajari dahulu berbeda dengan ujian yang akan datang.

Oleh karena itu, kunci sukses menghadapi ujian kehidupan adalah dengan mempelajari ilmu Dzat yang menciptakan ujian. Belajar agama bukan hanya suatu yang wajib, tetapi itu adalah sebuah kebutuhan. kita yang butuh sedangkan Allah tidak butuh kepada makhluk semuanya.

Penting untuk hadir di majelis-majelis rutin, karena masalah itu datangnya juga rutin. Bisa datang setiap hari (masalah itu). Rutin menghadiri majelis ilmu atau dapat dikatakan istiqomah terhadapnya bagaikan kita fokus pada satu titik. Fokus inilah yang membuat kita berkembang. Syaikh Ushaimi hafidzahullah mengatakan:

من ثبت نبت

"Barangsiapa kokoh di suatu titik maka dia akan tumbuh berkembang"

(catatan: saya pernah membuat coretan ini pula pada blog dengan judul Dia yang Teguh, Dia yang Tumbuh)

Tentukan kajian rutin kita. Istiqomahlah! Baru Anda akan tumbuh. Kajian tematik itu penting, tabligh akbar itu penting, tapi kalau ingin tumbuh datangilah kajian rutin (dan istiqomahlah). Mari kita ingat, yang mengubah diri kita adalah rutinitas. Jika Anda ingin berhasil, maka hargai setiap inchi kehidupan Anda, hargai setiap ilmu yang Anda dapat. Hargai kajian rutin.

Kehidupan ini penuh dengan tantangan-tantangan. Hanya agama yang mampu menjawab tantangan-tantangan itu.

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

"Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang kontinu meskipun sedikit.” (makna dari أحب adalah yang paling besar pahalanya).

Jika ingin masalah-masalah terurai, maka belajarlah! Kenapa para Nabi bisa menghadapi masalah dengan tenang? Karena merekalah yang memiliki ilmu dengan sempurna.

Catatan sangat penting adalah untuk bisa merutinkan ilmu memang awalnya tidak mudah. Hampir semua hal positif fase awalnya berat. Jangan mundur dahulu, karena setelah itu akan timbul rasa nyaman. Semua fase di awal itu memang nggak enak.

Menjadi penuntut ilmu itu tidak mudah. Orang sukses itu minoritas.

أَلاَ إِنَّ سِلْعَةَ اللهِ غَالِيَةٌ، أَلاَ إِنَّ سِلْعَةَ اللهِ الجَنَّةُ

"Sesungguhnya dagangan Allah itu mahal. Sesungguhnya dagangan Allah itu surga."

كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِيْنَ التَّوَّابُوْنَ

"Setiap anak Adam itu sering berbuat dosa, dan sebaik-baik pendosa adalah yang bertaubat."

Istiqomah itu sulit. kata ulama, perintah paling berat yang Nabi terima adalah istiqomah. Karena berat maka sebagaimana hadits tadi: "Amalah yang dicintai Allah adalah yang kontinu...."

من جاء سريع ذهب السريع

"Siapa/apa yang datangnya cepat akan hilang/pergi dengan cepat pula."

Maka inilah salah satu hikmahnya mengapa Al-Qur'an itu diturunkan ayat demi ayat, tidak sekaligus turun.

Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan; "Ilmu itu ada dua, yaitu ilmu tentang Allah dan ilmu tentang apa yang Allah suka dan Allah benci."

Ilmu tentang Allah itu seperti tauhid, iman, dan sebagainya. Ilmu tentang Allah ini harus kuat. Jika kuat maka itu menjadi pondasi yang kuat untuk bisa istiqomah. Memang membangun pondasi itu terkesan kurang seru, tapi ingat: Back to Basic. Duduklah di hadapan kitab-kitab ulama.

Konsep islam itu selalu belajar dari yang terbaik. Orang yang benar punya kualitas tidak akan belajar dari sembarang orang. Maka dalam belajar agama, belajarlah dari para sahabat nabi. Merekalah generasi terbaik.

Kenapa kalau ilmu dunia itu bisa habis-habisan?? Tapi kalau ilmu agama ndak habis-habisan. Itu tanda antum TIDAK konsisten.

Jika kematian itu pasti, maka apakah pantas engkau tidak serius belajar agama?

Luangkan waktu untuk belajar. Luangkan untuk yang pasti.


(Lereng Gunung Ungaran, kabupaten Kendal. Dok pribadi)


____

Catatan kajian Tabligh Akbar Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri, Lc. hafidzahullah.

Ditulis ulang dari catatan kajian milik saudara yang kucintai.
Maaf jika beberapa huruf Arab tidak bisa bersambung seperti selayaknya karena masalah sistem.



Kamar Kos,
Sabtu pagi yang cerah di hari ke-14 bulan empat.

Comments

Popular posts from this blog

Jantan Betina yang Terlihat Sama

Burung secara umum memiliki morfologik yang berbeda antara jantan dengan betina. Pengamat burung sering menyebut “yang jantan itu lebih cantik”, hehe. Argumen tersebut muncul bukan karena sebab, karena secara umum burung jantan memang mempunyai bulu yang lebih berwarna-warni, lebih menarik intinya. Salah satu fungsi dari bulu yang lebih berwarna pada jantan adalah untuk menarik perhatian betina ketika memasuki masa breeding atau berkembang biak. Istilah perbedaan morfologik tersebut disebut dimorfisme (“di” menunjukkan dua, morf: morfologik/bentuk luar). Akan tetapi, terdapat pula jenis-jenis burung yang mempunyai morfologik yang mirip antara jantan dan betina atau akrab disebut monomorfisme. Jenis burung yang masuk dalam kelompok monomorfisme membuat pengamat burung kesulitan untuk mengidentifikasi mana jantan dan mana betinanya. Burung pijantung kecil. Foto oleh Radhitya Anjar. Kiri betina, kanan jantan. Saat kita mengamati burung monomorfisme dengan cara biasa (hanya

Dia yang Teguh, Dia yang Tumbuh

Pappermint from Abu Nabat Afrizal Haris, dok pribadi. Pekan lalu sembari menikmati sore di sekolahan, mencoba berselancar di dunia maya mencari sesuatu yang barangkali dapat menambah semangat saya. Pencarian membawa saya pada channel YouTube Al Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri hafidzahullah.  Saya pribadi sebenarnya sangat jarang mengikuti kajian beliau secara daring, hanya beberapa kali melihat postingannya Irfan (teman di kampus) yang isinya ceramah singkat beliau.   Melihat beberapa judul video pendek yang menarik, saya unduh beberapa di antaranya, lalu pulang. Haworthria -sejenis kaktus- menjadi teman saya mendengarkan untaian petuah beliau, hingga pada ucapan yang beliau nukil dari Syaikh Ushaimi hafidzahullah : Man tsabata nabata, jika  diterjemahkan kurang lebih artinya “Barangsiapa yang kokoh, dia akan tumbuh”. Ustadz Nuzul Dzikri menyampaikan kalimat tersebut sebagai pesan agar kita konsisten dalam mengikuti kajian. Jika sudah mengikuti satu kajian (tentu saja

BTW#2 "Takur tulung-tumpuk / Black-banded Barbet / Psilopogon javensis"

Bismillahirrahmaanirrahiim Foto oleh Swiss Winnasis di TNGM  Takur tulung-tumpuk mempunyai ukuran agak besar (26 cm), berwarna-warni. Bulu dewasa biasanya hijau polos. Mahkota kuning dan bintik kuning di bawah mata, tenggorokan merah. Ada bercak merah pada sisi dada dan kerah lebar hitam melewati dada atas dan sisi kepala sampai mata. Setrip hitam yang kedua melewati mata.  Iris coklat, paruh hitam, kaki hijau-zaitun suram (MacKinnon, 2010). Takur tulung-tumpuk merupakan burung genus Megalaima dari famili Capitonidae (Horsfield, 1821), tetapi didalam website IUCN RedList 2015 del Hoyo dan Collar (2014) memasukkan takur tulung-tumpuk kedalam genus Psilopogon sehingga nama ilmiahnya menjadi Psilopogon javensis. Perjumpaan pertama saya dengan takur tulung-tumpuk terjadi pada tanggal 22 Maret 2014 di Plawangan, Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Hingga saat ini, saya tidak pernah berjumpa lagi melainkan hanya mendengar suaranya. Suara takur tulung-tumpuk sangat khas dan muda